Selasa, 30 April 2013

Jangan Tidur





Dengan Bismillahirrahmaanirrahiim.......aku menyatakan bersedia menjadi bakal calon anggota legislatif DPRRI, wakil rakyat dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Dapil Jawa Tengah V yang meliputi wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo, dan Kotamadya Surakarta. Daerah pemilihan yang cukup berat, mengingat sekarang ini wilayah tersebut didominasi oleh partai lain dalam setiap perhelatan politiknya. Namun bagiku bukanlah masalah besar, karena aku mempunyai niat baik membangun, membawa aspirasi rakyat daerah kelahiranku dan tempat aku tumbuh dengan amanah. Aku akan membawa aspirasi mereka, mengawal dan mengawasi setiap produk legislasi dengan jujur dan sepenuh hati.

Selepas SMA, lulus dari SMAN 1 Surakarta atau yang lebih dikenal sebagai SMA Margoyudan karena memang berada di daerah Margoyudan, aku memang mempunyai pilihan antara UGM Yogyakarta atau STAN Jakarta dimana aku diterima, lulus di kedua lembaga pendidikan tersebut. Dua-duanya Universitas ternama di negeri tercinta Indonesia. Dua-duanya dambaan banyak remaja lulusan SMA untuk meneruskan asa mereka meraih cita-cita. Dua-duanya perguruan tinggi idaman orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan tinggi. Setelah akhirnya memilih STAN, kuliah, bekerja, nyaris aku tidak mempunyai kesempatan untuk berbakti kepada daerah kelahiranku secara langsung. Kali ini terbuka kesempatan bagiku untuk melakukannya. Dan aku akan melakukannya dengan baik, benar-benar membawa amanah konstituenku jika aku dipilih, terpilih, dipercaya mewakili daerah pemilihanku. Dan tentu saja jika Allah berkenan, ngijabahi, menghendaki, pasti Dia akan memampukanku.

Selain berdiskusi, minta ijin dan pertimbangan mama, suamiku, mas-masku, mbakku, adikku, ponakanku, tentu saja aku juga mengajak berlian-berlianku, anak-anakku untuk bertukar pikiran. Karena bagaimanapun juga mereka akan ikut menanggung akibat dari keputusanku ini. Sulung gantengku yang sedang menuntut ilmu di negeri seberang benua menyambut dengan antusias penuh dukungan positif. Dia yakin sekali aku akan sanggup mengemban amanah ini jika terpilih. Demikian juga anak keduaku yang sebentar lagi juga akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang universitas, dia mendukung keputusanku. Mereka berdua tahu benar dedikasiku atas sesuatu, termasuk saat memilih mengasuh dan mendidik mereka secara langsung dibanding berkarir, mencari uang karena bagiku mereka adalah berlian berlian indah amanahNya. Dan bagiku, amanah adalah amanah. Harus kuemban dengan sebaik-baiknya kemampuan yang bisa kuupayakan.

Kini tinggal berbicara dengan dua berlian terkecilku, kritikus utamaku yang jujur, apa adanya, polos, namun benar tanpa ditutupi ataupun basa basi. Tentu saja aku harus berbicara dengan bahasa mereka, harus jelas, jangan muter-muter, jangan basa basi, jangan pula ditutup-tutupi. Jujur!

"Ok, Mama boleh aja jadi anggota DPR. Gapapa. Adek kan sudah gede, mas-mas juga sudah gede. Mama boleh sibuk lagi kayak dulu sebelum kami lahir. Mama boleh rapat sampai malam. Mama boleh pergi dari pagi. Tapi........Mama GAK BOLEH TIDUR KALAU LAGI RAPAT."

Gubraaaagggg........si kecil cantik bungsuku menjawab dengan lugas, ringan, namun sangat kritis, serius, dan cerdas. Lalu masnya menambahi; "Iyaa.....adek betul. Trus Mama juga JANGAN KORUPSI."

Lalu mereka berdua serempak seolah sudah janjian mau bicara apa melanjutkan tausiyahnya ke aku; "Kami MALU kalo Mama tidur pas rapat atau Mama korupsi."

Hahaha.....................SIAP BOS!! Seruku semangat sambil berdiri tegak tangan di pelipis memberi hormat. Ya, janjiku kepada bosku, rakyat pemilih pertamaku, berlian-berlian indahku, representasi dari konstituenku, yang tentu harus aku penuhi. Dan di bawah ini si cantikku yg melarangku tertidur di ruang sidang, dia tertidur di kursi saat bermain dengan mas-masnya ketika dia masih usia setahun. Hihihi.......selamat tidur cinta....mimpi indah ya nak, kita wujudkan mimpi kita bersama....Indonesia Jaya!

Tidak ada komentar: